Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint, Tahan Lama


Siapa yang nggak mau punya produk pewarna bibir long lasting, transferproof, dan ringan? Saya sendiri menjadikan ketiga aspek tersebut sebagai tolak ukur produk pewarna bibir yang diidamkan. Apalagi bila produk pewarna bibir yang dimaksud juga nggak menimbulkan bibir kering, sekalipun formula dan teksturnya matte.





Soalnya, bibir aku sendiri tergolong yang berjenis kering. Makanya sebisa mungkin saya menyingkir dari penggunaan produk yang mampu memperparah keadaan bibir. Nah, pada bulan Maret tahun ini, aku mendengar jika Wardah merilis lip cream yang klaimnya menyanggupi produk pewarna bibir keinginan aku, namanya ialah Colorfit Last All Day Lip Paint.





Saya pun berkesempatan untuk memulas produk ini secara eksklusif. Bagaimana pengalaman aku mencoba langsung Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini? Berikut ulasannya.





Tentang Produk









Saat pertama kali diluncurkan, seri Colorfit dari Wardah punya campaign yang cukup menawan ialah ‘mengoptimalkan first moment’. Dalam hidup, kita niscaya dihadapkan dalam banyak sekali first moment, misalnya hari pertama duduk di bangku kuliah, melamar pekerjaan, berjumpa orang baru dan masih banyak lagi.





Dalam perilisan seri ini, Wardah mengajak pelanggan untuk bisa tampil lebih siap dikala menghadapi berbagai first moment tersebut. Salah satu persiapan yang dimaksud ialah memakai riasan yang menyatu dengan skintone serta tahan lama. Nah, Wardah Colorfit Series disebut mampu membantumu meraih performa riasan tersebut.





Wardah Colorfit Series sendiri berisikan produk penunjang kompleksi dan bibir. Ada Wardah Colorfit Matte Foundation, Velvet Powder Foundation, Mattifying Powder, Ultralight Matte Lipstick dan Last All Day Lip Paint—produk yang mau aku review kali ini.





Tiap-tiap produk punya keunggulan masing-masing. Pada Colorfit Last All Day Lip Paint sendiri, Wardah mengunggulkan formulasinya one-swipe coverage yang tahan lama. Bahkan ketahannya disebut-sebut mampu hingga 12 jam, lho. Lip Paint model Wardah ini juga sudah punya 12 shade yang tepat digunakan semua jenis kulit.





Klaim dan Benefit





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_klaim dan benefit




Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint ialah pewarna bibir dengan formula yang lightweight, non-sticky, non-transfer dan long lasting. Produk ini siap menemani first moment maupun keseharianmu cuma dengan satu pulasan (one-swipe coverage) yang tahan hingga 12 jam.





Cara Pemakaian









Karena Wardah nggak punya instruksi khusus dalam penggunaannya, jadi bisa dikatakan cara pakai Colorfit Last All Day Lip Paint sama mirip penggunaan produk liquid lipstick kebanyakan. Kamu hanya perlu mengulaskan produk pada bibir dan tunggu hingga nge-set.





Fun Fact





Ketika pertama kali mendengar produk ini disebut ‘Lip Paint’ oleh Wardah, bahwasanya aku sedikit resah. Setahu aku, lip paint ialah produk hybrid antara liquid lipstick dan lip gloss, yang mana seharusnya punya tekstur agak sticky dan hasil simpulan dewy. Produk lip paint juga lazimnya nggak akan menciptakan bibir kering atau pun dehidrasi dengan kesanggupan melembapkannya.





Sedangkan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint disebut punya hasil selesai yang matte. Kaprikornus sepertinya, Wardah menggunakan perumpamaan ‘Lip Paint’ pada produk ini bukan karena tekstur, formulasi ataupun kesanggupan produk dalam melembapkan bibir. Melainkan karena kemampuannya yang long-wearing.





Kemasan









Dari sekian banyak seri kosmetik yang telah dirilis Wardah, Colorfit punya sejarah yang cukup panjang. Seri Colorfit sebetulnya telah diperkenalkan Wardah semenjak tahun 2019, lewat produk Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse. Tak usang setelahnya, Wardah kembali merilis produk dalam seri yang sama yakni Colorfit Ultralight Matte Lipstick.





Kedua produk seri permulaan Colorfit tersebut cuma memakai color theme yang merepresentasikan tiap shade produk pada kemasannya, nggak ada desain atau tema khusus dari seri secara keseluruhan. Tapi, alasannya Wardah kembali memperbaharui shades dalam Ultralight Matte Lipstick yang punya nuansa khas isu terkini gugur, hasilnya seri Colorfit pun rampung punya color theme tersendiri, yakni warna krim.





Nah, untuk Last All Day Lip Paint, Wardah memadukan color theme seri Colorfit dengan warna yang merepresentasikan shade produk pada dus kemasannya. Sementara pada botol plastik daerah produk ditampung, warna krim lebih mendominasi lengkap dengan rancangan yang simple dan modern.





Aplikator





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikator




Pada bab aplikator, lagi-lagi Wardah menjaga ciri khas liquid lipstick yang kental dengan aplikator berjenis doe-foot. Meski nggak terlalu pluffy, aplikator doe-foot ini tetap tenteram dan presisi dipakai tanpa ada bab yang terasa keras.





Ingredients List





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_ingredients




Kira-kira bagaimana formulasi Colorfit Last All Day Lip Paint yang diklaim oleh Wardah punya ketahanan hingga 12 jam ini? Yuk cari tahu dengan membaca ingredients list-nya!





Full Ingredients





Isododecane, Bis-Hydroxylauryl Dimethicone/IPDI Copolymer, Cyclopentasiloxane, Trisiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Diisostearyl Malate, Hydrated Silica, Silica Dimethyl Silylate, Disteardimonium Hectorite, Cyclohexasiloxane, Propylene Carbonate, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Aluminum Hydroxide, Tocopheryl Acetate, Triethoxycaprylylsilane, Fragrance, Cyclotetrasiloxane, Tocopherol.





Key Ingredients





Nah, dari banyaknya kandungan materi dalam formulasi Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint, saya menemukan beberapa materi yang punya manfaat khusus untuk bibir:





  • Diisostearyl Malate




Adalah salah satu ingredient yang sering ditemui dalam produk lipstik. Bahan yang yang dibuat dari malic acid dan isostearyl alcohol ini punya manfaat sebagai emolien, ialah bahan yang berperan menunjukkan sensasi lembut pada permukaan kulit. Bahan ini berkontribusi pada sensasi lembut lipstik yang menempel pada bibir.





  • Tocopheryl Acetate dan Tocopherol




Sama halnya dengan area kulit paras lain, bibir juga sering terekspos sinar matahari. Padahal bibir nggak punya melanin yang berperan sebagai pelindung alami kulit. Inilah kenapa menentukan produk bibir yang mampu melindungi dari paparan sinar matahari dinilai cukup penting, dan salah satu kandungan yang mampu dipercaya dalam fungsi ini yaitu vitamin E.





Kebetulan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint mempunyai kandungan vitamin E dalam bentuk tocopheryl acetate dan tocopherol. Walau tocopheryl acetate merupakan vitamin E sintetis, tetapi materi ini tetap menawarkan faedah vitamin E dalam melindungi bibir dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.





Baik tocopheryl acetate dan tocopherol juga mampu membantu mempertahankan tekstur bibir yang lembut dengan meminimalkan tanda-tanda penuaan.





  • Ethylhexylglycerin




Dalam produk kosmetik, ethylhexylglycerin mempunyai sifat antibakteri dan bekerja menunjang kekuatan pengawet (preservative) dalam formulasi. Bahan ini juga disebut-sebut punya kesanggupan untuk meminimalisir tampilan bibir kering dan rusak dengan meminimalisir pengelupasan serta mengembalikan kekenyalannya.





Impresi





Selain ingin tau dengan performanya, saya juga pasti nggak mau melewatkan perkenalan pertama dengan Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint. Dimulai tekstur, aroma, shade, hingga pengaplikasian (swatch), beginilah impresi pertama aku kepada Lip Paint milik Wardah ini:





Tekstur





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_tekstur




Karena kebetulan saya pernah mengulas Wardah Exclusive Matte Lip Cream, saya pun menjajal membandingkan tekstur dari Colorfit Last All Day Lip Paint dengan saudaranya tersebut. Ternyata Last All Day Lip Paint punya tekstur yang satu level lebih creamy dibandingkan Exclusive Matte Lip Cream. Meski begitu, keduanya sama-sama spreadable kok pada bibir. Makara jangan cemas akan sulit mengaplikasikannya ya.





Aroma





Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint juga punya kandungan fragrance yang aromanya terasa mirip vanilla sintetis ketika tercium hidung. Wangi ini bahwasanya typical didapatkan pada produk-produk sejenis, dan alasannya saya nggak punya concern sama wewangian seperti ini, saya nggak mendapati efek buruk apapun. Malah aroma ini terasa lembut bagi saya.





Shade









Sebelumnya sempat aku sebutkan kalau Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini punya 12 shades in total. Meski perilisannya berangsur, nyatanya 12 shade tersebut cukup bermacam-macam dengan nuansa merah, pink, nude dan orange yang jadi favorit para wanita.





Sebagai pemilik kulit sawo matang alias medium to dark skintone, aku bantu-membantu dihadapkan pada beberapa opsi shade adalah 02 Eternal Sunset, 03 Stick To Latte, 04 Brownderlast dan 07 Brick On. Dan akhirnya, opsi aku jatuh pada shade 02.





Kalau lihat di katalog produk, shade 02 Eternal Sunset punya karakteristik warna pink, coklat dan hint of orange. Perpaduan warna ini punya kesan yang hangat dan natural, makanya akan cocok dipakai oleh pemilik kulit medium to dark skintone mirip aku.





Anehnya saat diaplikasikan, hint of orange dari shade 02 Eternal Sunset ternyata nggak terlalu timbul pada bibir aku. Warna yang pop up hanya seperti perpaduan coklat dan pink saja. Tapi sebab warnanya masih terkesan santai dan hangat, saya tetap suka kok dengan shade ini. Shade 02 Eternal Sunset akan cocok digunakan daily, sebab nggak punya kesan mengintimidasi sama sekali.





Swatch





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikasi 1




Pengaplikasian Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint cukup gampang dilaksanakan dengan teksturnya yang creamy. Hanya saja, produk ini ternyata cukup cepat nge-set. Kurang dari 30 detik pengaplikasian, produk akan menempel dan locked pada bibir.





Oleh kesannya, ketika mengaplikasikan lip paint ini semestinya kamu berhati-hati demi meminimalisir kesalahan. Tapi jikalau sudah kadung, kau tetap mampu memperbaikinya dengan pinjaman makeup remover, kok.





Saat nge-set, Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint akan langsung berganti karakteristik menjadi matte dan non-sticky. Tapi jangan cemas, matte yang ditawarkan produk ini nggak akan tight terlebih membuatbibir kering. Bahkan sebagai pemilik bibir kering, aku merasa Last All Day Lip Paint nggak memperparah kondisi bibir. Produk malah condong ringan meski nggak menawarkan kelembapan ekstra.





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_aplikasi




Kalau dari segi coverage, Wardah memang nggak main-main dengan klaimnya. Cukup satu pulasan, tanpa perlu mencelupkan lagi aplikator ke dalam tube, produk bisa menutupi nyaris semua ketidaksempurnaan bibir. Pigmentasinya yang cukup tinggi juga ditunjang dengan lightweight feels dari produk, sehingga kau tetap mampu layering tanpa perlu takut produk terasa berat.





Daya Tahan dan Performa





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_ketahanan




Part ini bahwasanya yang paling aku tunggu-tunggu. Dengan klaimnya yang tahan sampai 12 jam, pasti aku menjajal membuktikannya sendiri dengan pemakaian produk selama setengah hari sarat , yaitu dari pukul 10.00 – 22.00 WIB.





Selama 12 jam tersebut, Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint telah menemani saya di banyak aktivitas seperti makan, minum, berwudhu, sampai ngobrol sambil memakai masker.





Selain punya kecenderungan non-transfer pada gelas dan alat makan, produk juga nggak meninggalkan jejak pada masker kesehatan yang saya gunakan. Lip Paint juga smudge-proof terhadap jari tangan saya yang sesekali badung meraba bibir. Saat terkena air wudhu pun, produk nggak menerangkan pergantian signifikan.





Karena itulah pada jam ke-8, masih banyak produk yang stay pada bibir, khususnya pada bibir bab atas. Padahal selama 8 jam tersebut saya sudah 2 kali makan, 2 kali berwudhu, berbincang-bincang dan beberapa kali minum. Bibir bab bawah pun masih tetap tampak berwarna meski produk mulai luntur pada jam-jam tersebut.





Nah, barulah sesudah aku makan malam—yaitu pada jam ke-10 dan melalui 2 kali wudhu lagi, banyak produk yang mulai menghilang dari bibir. Kalau dilihat dari jauh bantu-membantu bibir saya tetap terlihat berwarna, namun jika dari bersahabat, terlihat jelas jikalau bibir bab bawah saya sudah memperlihatkan warna asilnya.





Secara keseluruhan ketahanan produk ini memang unggul. Biasanya produk-produk lipstik yang aku pakai hanya mampu bertahan rata-rata 6-7 jam saja pada bibir, sementara Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint ini dengan tangguh mempertahankan bibir aku tetap berwarna bahkan hingga jam ke-10.





Selama penggunaan juga saya nggak menemukan keluhan apapun. Bibir aku nggak terasa kering ataupun jadi chapped. Produk selalu terasa ringan, non-transfer, dan membuat bibir lembut saat disentuh. Thumbs up!





Tips dan Trik





Ketika memakai produk pewarna bibir yang punya matte finish, aku senantiasa merencanakan bibir semenjak malam sebelumnya. Saya niscaya melakukan eksfoliasi dengan lip scrub atau memakai lip mask semoga sel-sel kulit mati pada bibir mampu terangkat. Saat bagun pagi pun, aku langsung mengaplikasikan lip balm untuk memberikan kelembapan pada bibir.





Jadinya pada ketika mengaplikasikan matte finish lip product, bibir saya sudah dalam kondisi basah dan halus tanpa keadaan yang chapped sama sekali. Nah, kau bisa menjiplak tips dan trik tersebut jikalau punya concern bibir yang kering mirip aku. Semoga berhasil!





Harga dan Tempat Pembelian










Cek harga di Shopee






Cek harga di Lazada





Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint dibungkus dalam ukuran 4.2 g dan dibanderol dengan harga 50ribuan. Bagi kau yang ingin mencoba sendiri produk ini, mampu eksklusif membelinya lewat button yang telah Kamini sediakan, ya!





Kesimpulan





Review Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint_kesimpulan




Harus aku katakan bila Last All Day Lip Paint dari seri Colorfit milik Wardah ini memang punya ketahanan yang sangat bagus. Dengan performanya mirip ini, aku bisa mengurangi frekuensi touch up tanpa perlu khawatir riasan bibir akan banyak luntur. Well done, Wardah!







Pros





  • Mudah diaplikasikan
  • Desain kemasan simple namun terbaru dengan aplikator yang presisi
  • Pigmentasi warna tinggi
  • Membuat bibir terasa lembut
  • Ringan, non-sticky, smudge-proof, maskproof dan transferproof
  • Katahanan 10-11 jam pada bibir saya, yang mana termasuk long lasting
  • Nggak membuatbibir semakin kering walaupun nggak melembapkan juga






Cons





Cepat nge-set, sehingga perlu hati-hati dalam mengaplikasikannya demi menghindari kesalahan







Punya pengalaman serupa mirip saya dalam memakai Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint? Jangan ragu untuk membuatkan dengan pembaca Kamini lain lewat kolom komentar di bawah, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel