Inilah Cara Membuat Merek Agar Mudah Diingat Masyarakat
Membuat merek atau merk, walaupun terkesan sepele akan namun pada kenyataannya terkadang mengkonsumsi waktu yang lama. Hal ini dikarenakan suatu merek memiliki imbas pada kesuksesan bisnis untuk jangka waktu yang panjang. Merek yang sempurna akan mendukung proses branding, sehingga merek tersebut akan cepat diingat oleh masyarakat luas. Untuk itu, berikut kiat menciptakan merek gampang untuk dikenang oleh penduduk .
1. Nama yang Unik
Nama yang unik dan berbeda dari yang lain, cenderung lebih mudah diingat oleh penduduk . Bahkan Anda juga bisa menciptakan nama merek yang nyeleneh supaya mudah dikenang oleh orang. Akan namun, hindari membuat merek unik yang memiliki konotasi hal negatif sebab tersebut akan menciptakan gambaran bisnis menjadi kurang baik.
Agar mendapatkan nama merek yang sempurna, ada baiknya melaksanakan konsultasi pada profesional, branding consultant Jakarta contohnya.
2. Nama yang Pendek
Agar terlihat unik dan kreatif bukan suatu keharusan untuk membuat nama merek yang panjang. Pasalnya ada banyak pilihan nama yang unik dan simple, namun pendek dan tetap menawan. Jika dimungkinkan, cukup buat merek dengan dua atau tiga suku kata saja. Hal ini disebabkan sebab nama merek atau merk yang pendek akan lebih gampang untuk diingat oleh masyarakat.
3. Hindari Memilih Merek dengan Penggunaan Singkatan
Jika Anda tengah menyebarkan bisnis baru, maka seharusnya hindari penggunaan singkatan atau inisial, terlebih kalau singkatan tersebut dikombinasikan dengan angka, karena hal tersebut akan membuat resah semua orang yang baru pertama kali mengetahui atau membaca merk. Bisa diambil teladan merek provider IM3. Butuh waktu yang cukup lama untuk penduduk tahu bahwa IM3 adalah akronim dari Indosat Multimedia Mobile.
4. Membuat Merek yang Belum P ernah Dipakai Orang Lain
Perlu diingat, jangan pernah memakai merek yang sudah digunakan oleh orang lain. Usahakan menciptakan nama merek yang sungguh-sungguh gres dan bebas hak paten. Cara menciptakan merek yang belum dipakai orang lain, gampang dijalankan. Cukup lakukan survei dengan cara menguji nama merek yang ingin dipakai di mesin penelusuran Google. Selain itu, tentukan nama merek tidak ada yang menggunakan dan tidak terkait dengan hal-hal yang buruk di Google.
5. Merek Harus Mencerminkan Produk
Ada baiknya dikala membuat merek, maka nama tersebut dapat merefleksikan produk. Dengan begitu, produk akan mampu menyesuaikan dengan segmen pasar yang dituju. Contohnya seperti mengambil nama yang feminim untuk produk yang ditujukan pada konsumen wanita, atau nama yang terdengar macho untuk produk yang targetnya konsumen laki-laki. Hal tersebut akan membuat lebih mudah branding dan pengenalan merek pada penduduk .
6. Merek Memiliki Makna yang Baik
Bagi seorang pengusaha atau entrepreneur, melaksanakan suatu bisnis tentu saja akan meninggalkan kesan, sehingga ada baiknya menciptakan nama yang mengandung makna aktual untuk bisnis. Sama halnya mirip orang renta yang memperlihatkan nama dengan makna baik terhadap anak, nama merek pun juga demikian. Jika Anda merasa kurang ide dalam menentukan merek merk, mampu melaksanakan konsultasi dengan Branding Consultant Jakarta.
7. Merek Praktis Didengar dan Diucapkan
Saat menciptakan nama merek, haruslah waspada. Tidak hanya sekedar unik ataupun pendek, namun juga harus gampang didengar dan diucapkan, dimana hal tersebut untuk menghalangi ambiguitas, sehingga penduduk tidak salah melafalkan merek dan tidak salah dalam mengartikan saat baru pertama kali dengar. Merek yang mudah didengar dan diucapkan, tidak akan menciptakan orang berpikir terlebih dulu untuk membacanya.
Itulah beberapa kiat menciptakan merek yang mudah diingat oleh masyarakat luas. Perlu dikenang merek merupakan aspek yang pertama kali akan dikenang dan dibaca oleh penduduk , sehingga seleksilah yang benar-benar meninggalkan kesan bagi orang lain. Dengan membaca beberapa tips dalam ulasan ini, agar Anda mampu memilih merek yang sempurna. Namun jikalau masih ragu, mampu juga melakukan konsultasi pada profesional.